ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SPASIAL MATERI GEOMETRI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

MELINDA, SEPTIANA DWI (2016) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SPASIAL MATERI GEOMETRI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif spasial materi geometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.MIPA.1 SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Pemilihan subyek d alam penelitian ini menggunakan GEFT (Group Embedded Figure Test ) dengan me n gambil 3 siswa untuk kelompok gaya kognitif spasial tinggi, 3 siswa untuk kelompok gaya kognitif spasial sedang, dan 3 kelompok untuk gaya kognitif spasial rendah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (veryfication). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok gaya kognitif spasial tinggi mampu menguasai tiga indikator representasi yaitu mencatat dan m engkomunikasikan ide-ide matematika dalam bentuk simbol atau gambar materi geometri, menggunakan kata-kata/teks tertulis dalam menyelesaikan masalah geometri, dan membuat model matematika dari ide atau gagasan dengan menerapkan ekspresi matematika dalam menyelesaikan masalah materi geometri . Sedangkan kelompok gaya kognitif spasial sedang mampu menguasai dua indikator yaitu mencatat dan mengkomunikasikan ide-ide matematika dalam bentuk simbol atau gambar materi geometri dan menggunakan kata-kata/teks tertulis dalam menyelesaikan masalah geometri. Untuk kelompok gaya kognitif spasial rendah mampu menguasai satu indikator yaitu mencatat dan mengkomunikasikan ide-ide matematika dalam bentuk simbol atau gambar materi geometri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif Spasia
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:27
Last Modified: 02 Nov 2017 02:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item