PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEKALONGAN

PRASETYO, MUHAMMAD EKO (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEKALONGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhammad Eko Prasetyo_JUDUL.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Eko Prasetyo_BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Eko Prasetyo_BAB II.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
Muhammad Eko Prasetyo_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
Muhammad Eko Prasetyo_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
Muhammad Eko Prasetyo_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
Muhammad Eko Prasetyo_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
Muhammad Eko Prasetyo_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran SQ3R. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Pekalongan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Tahapan dalam setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika dalam penelitian ini menggunakan tes yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I sebesar 52,19 yang termasuk dalam kriteria cukup dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 45,71%, pada siklus II sebesar 62,10 yang termasuk dalam kriteria baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,43% dan pada siklus III sebesar 66,09 yang termasuk dalam kriteria baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad M.Pd. dan Eka Setyaningsih, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pembelajaran SQ3R
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:06
Last Modified: 01 Nov 2017 04:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item View Item