UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) SISWA KELAS VIII C SMP N 1 SONGGOM

HERMAWAN, TEGUH (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) SISWA KELAS VIII C SMP N 1 SONGGOM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Teguh Hermawan_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Teguh Hermawan_BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Teguh Hermawan_BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
Teguh Hermawan_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
Teguh Hermawan_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
Teguh Hermawan_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Teguh Hermawan_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Teguh Hermawan_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok persamaan linier dua variabel di kelas VIII C SMP N 1 Songgom melalui model Problem Based Learning dengan strategi Think-Talk-Write (TTW). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Songgom dengan jumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dari tanggal 8 Januari – 31 Januari 2015. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan menggunakan tes evaluasi. Hasil penelitian tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh nilai rata-rata 54,6 pada siklus I, nilai rata-rata 67,1 pada siklus II, dan nilai rata-rata 72,9 pada siklus III. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan melalui model Problem Based Learning dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII C SMP N 1 Songgom.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si. dan Erni Widiyastuti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Think Talk-Write, Problem Based Learning dengan strategi Think-Talk-Write (TTW)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:45
Last Modified: 01 Nov 2017 02:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item