UPAYA MENINGKATKAN RASA NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL GALLERY WALK DI KELAS IV SD NEGERI 2 GRENDENG

SURYANI, SEFIANA (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL GALLERY WALK DI KELAS IV SD NEGERI 2 GRENDENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Sefiana Suryani_JUDUL.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sefiana Suryani_BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sefiana Suryani_BAB II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
Sefiana Suryani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
Sefiana Suryani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Sefiana Suryani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Sefiana Suryani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya melalui penerapan model Gallery Walk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Grendeng yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Data hasil penelitian ini dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian diperoleh menggunakan instrument tes dan non tes yang didukung dengan lembar wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa foto dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan pada masing-masing siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian dalam setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan persentase rasa nasionalisme pada siklus I sebesar 77,66% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,88%. Prestasi belajar siswa siklus I mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 70,31%, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi sebesar 89,06 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Gallery Walk dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 2 Grendeng.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo. M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Prestasi Belajar, IPS, Keragaman Suku Bangsa dan Budaya, Gallery Walk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:39
Last Modified: 01 Nov 2017 02:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item