PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK DIKTAT UNTUK SISWA SMK KELAS X PADA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

ANHAR, NINGAMUL (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK DIKTAT UNTUK SISWA SMK KELAS X PADA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ningamul Anhar_JUDUL.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ningamul Anhar_BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ningamul Anhar_BAB II.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
Ningamul Anhar_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
Ningamul Anhar_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
Ningamul Anhar_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
Ningamul Anhar_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
Ningamul Anhar_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan diktat pelajaran matematika berbasis kontekstual untuk siswa SMK, (2) mengetahui kualitas diktat matematika dengan pendekatan kontekstual untuk pokok bahasan barisan dan deret berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Uji coba diktat pelajaran matematika adalah siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 1 Purbalingga dengan jumlah 24 siswa, karena siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 1 Purbalingga merupakan kelas yang homogen dilihat dari prestasi dan jenis kelamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan diktat pelajaran matematika berbasis kontekstual pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMK menggunakan model ADDIE dengan tahap Analisys, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Hasil peneltian empat validator guru matematika terhadap kevalidan diktat matematika dilihat dari karakteristik diktat, isi, format, bahasa dan konsistensi. Diperoleh penilaian dari keempat validator guru matematika, yang menunjukkan kevalidan diktat matematika tinggi, diktat yang dihasilkan valid. Aspek kepraktisan diktat matematika didapatkan dari respon siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan diktat matematika. Respon siswa terhadap diktat matematika dapat dikatakan positif karena mayoritas siswa mengatakan senang, membantu, menarik, jelas, memotivasi, setuju terhadap diktat. Diktat pelajaran matematika efektif digunakan dalam pembelajaran, hal ini berdasarkan persentase nilai ketuntasan sebesar 88%. Sehingga diktat matematika berbasis kontekstual pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMK Kelas X dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandarji, M.Si. dan Drs. Kusno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Diktat Matematika, Kontekstual, Barisan dan Deret
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:23
Last Modified: 01 Nov 2017 02:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item View Item