STRATEGI PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA SISWA BERPRESTASI SENI TARI DALAM FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL DI SEKOLAH DASAR WILAYAH UPTD DIKPORA KECAMATAN SLAWI

ASRIVI, QUEEN ELVINA SEVTIVIA (2014) STRATEGI PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA SISWA BERPRESTASI SENI TARI DALAM FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL DI SEKOLAH DASAR WILAYAH UPTD DIKPORA KECAMATAN SLAWI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
Queen Elvina Sevtivia Asrivi_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pamong seni SD dalam membina mempersiapkan siswa berprestasi ekstrakurikuler seni tari untuk menghadapi ajang FLS2N-SD dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi yang diraih oleh siswa berprestasi ekstrakurikuler seni tari dalam ajang FLS2N-SD di Kecamatan Slawi. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif naturalistik yang mengangkat fenomena sosial dari partisipan penelitian dalam mempersiapkan siswa untuk mengikuti FLS2N-SD di tingkat Kecamatan Slawi. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Slawi dengan dua partisipan penelitian yaitu dua guru pamong SD di Kecamatan Slawi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles and Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada persamaan dan perbedaan dalam strategi yang dilakukan oleh guru pamong membina mempersiapkan siswa mengikuti seni tari dalam ajang FLS2N-SD persamaannya yaitu memilih siswa berbakat menari, membina kegiatan ekstrakurikuler, dan teknik pelatihan tari pada siswa dalam rangka mengikuti FLS2N. Perbedaan strategi diantaranya yaitu kerjasama dengan guru tari dalam aplikasi latihan, serta pemahaman guru pamong mengenai karakteristik siswa dan petunjuk pelaksanaan, pemanfaatan waktu latihan yang kaitannya dengan persiapan mengikuti ajang FLS2N. Ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi meraih dan mempertahankan prestasi siswa dalam ajang FLS2N. Ditemukan pula bahwa guru kelas yang memiliki ketrampilan khusus dan bisa membina siswa mengikuti ajang FLS2N atau lomba lainnya memberikan kesempatan guru tersebut memiliki nilai tambah yang mampu meningkatkan keprofesionalisme guru untuk mendapatkan angka kredit dalam kenaikan pangkat atau jabatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Ekstrakurikuler, Seni Tari, FLS2N-SD (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) Sekolah Dasar, Tugas Pokok Guru SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:21
Last Modified: 01 Nov 2017 01:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item