PENGEMBANGAN LKS MATERI SPLDV KELAS VIII SMP BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL

PURNAMAWATI, MEI (2014) PENGEMBANGAN LKS MATERI SPLDV KELAS VIII SMP BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Mei Purnamawati_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mei Purnamawati_BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mei Purnamawati_BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
Mei Purnamawati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
Mei Purnamawati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text
Mei Purnamawati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
Mei Purnamawati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
Mei Purnamawati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan pengembangan LKS materi SPLDV kelas VIII SMP berbasis pemecahan masalah bermuatan karakter peduli sosial yang valid, (2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKS materi SPLDV kelas VIII SMP berbasis pemecahan masalah bermuatan karakter peduli sosial. Proses pengembangan LKS menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, and Semmel yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, pengembangan LKS dibatasi hingga tahap develop. Pada pengembangan ini dihasilkan LKS berbasis pemecahan masalah bermuatan karakter pedul sosial pada materi SPLDV. Hasil validasi tiga validator yaitu dosen matematika, guru matematika, dan guru bahasa indonesia terhadap kevalidan LKS berbasis pemecahan masalah bermuatan karakter peduli sosial pada materi SPLDV diperoleh nilai 3,97 yang berarti valid, sehingga menunjukkan kevalidan LKS tnggi. Hasil respon guru terhadap LKS berbasis pemecahan masalah bermuatan karakter peduli sosial sebesar 4,53, menunjukkan LKS berbasis pemecahan masalah bermuatan karakter peduli sosial pada materi SPLDV membantu guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil respon siswa terhadap LKS berbasis pemecahan masasalah bermuatan karakter peduli sosial adalah positif, siswa merasa senang belajar matematika dengan menggunakan LKS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: SPLDV, Lembar Kerja Siswa, Pemecahan Masalah, Model 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:04
Last Modified: 01 Nov 2017 01:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item