PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DENGA N ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ARDIANA, PUNGKY CANDRA (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DENGA N ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Quantum merupakan salah satu model pembelajaran yang didesain untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan peserta didik lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh m odel pembelajaran Quantum dengan alat peraga balok garis bilangan terhadap sikap rasa ingin tahu peserta didik pada materi bilangan bulat di kelas IV Sekolah Dasar, 2) Pengaruh model pembelajaran Quantum dengan alat peraga balok garis bilangan terhadap prestasi belajar Matematika pada materi bilangan bulat di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan de sain penelitian yaitu postes dengan random subjek. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan tes dan untuk sikap rasa ingin tahu menggunakan angket sikap rasa ingin tahu. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas Lilifors, uji homogenitas dan uji Mann Whitney U-Test . Hasil pada perolehan angket sikap rasa ingin tahu menunjukkan , atau 0,0244 ≤ 0,025 ; sehingga H o tolak. Jadi penerapan model pembelajaran Quantum dengan alat peraga balok garis bilangan berpengaruh terhadap sikap rasa ingin tahu peserta didik. Hasil penelitian pada prestasi belajar menunjukkan , atau 0,0174 ≤ 0,025; sehingga H o ditolak. Jadi penerapan model pembelajaran Quantum dengan alat peraga balok garis bilangan berpengaruh terhadap prestasi belajar Matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum, Rasa Ingin Tahu, Prestasi belajar dan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:29
Last Modified: 31 Oct 2017 02:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item