PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

MUMTAHANAH, PRISMA FADJAR BUDHI (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar melalui discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Purwokerto yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data pemahaman konsep menggunakan tes evaluasi pemahaman konsep sedangkan untuk mendapatkan data kemandirian belajar menggunakan observasi kemandirian belajar. Hasil tes evaluasi pemahaman konsep pada siklus I diperoleh skor rata – rata pemahaman konsep 2,81 dengan kriteria baik, pada siklus II diperoleh skor rata – rata pemahaman konsep 3,32 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III diperoleh skor rata – rata pemahaman konsep 3,65 dengan kriteria sangat baik. Rentang skor pada pemahaman konsep adalah 0,00 – 4,00. Sedangkan untuk skor rata – rata kemandirian belajar, pada siklus I diperoleh skor rata – rata kemandirian belajar 1,80 dengan kriteria cukup, pada siklus II diperoleh skor rata – rata kemandirian belajar 2,37 dengan kriteria cukup dan pada siklus III diperoleh skor rata – rata kemandirian belajar 2,80 dengan kriteria baik. Rentang skor pada kemandirian belajar adalah 0,00 – 4,00. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning , Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:20
Last Modified: 31 Oct 2017 02:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item View Item