PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG STRUKTUR BUMI DI KELAS V SEKOLAH DASAR

RAHAYU, SUSI PUJI (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG STRUKTUR BUMI DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUSI PUJI RAHAYU_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran penting yang diajarkan di Sekolah Dasar. Seiring perkembangan ICT, guru harus mampu menggunakan teknologi secara baik. Salah satu produk dari perkembangan ICT yaitu multimedia interaktif. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif akan lebih menarik minat dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan desain penelitian non-quivalent control groups design. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan mutimedia interaktif terhadap minat dan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SD N 2 Sokaraja Tengah pada kelas VA dan VB. Teknik pengambilan data untuk minat belajar siswa dengan menggunakan angket, sedangkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan posttest. Penelitian ini diuji dengan menggunakan ujit. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) minat belajar hasil perhitungan dengan uji-t dapat dilihat dari thitung ≤ + ttabel , atau 0,88 < 2,000, dan dari perhitungan dengan menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikasi 0,305 > 0,05, (2) pemahaman konsep siswa berdasarkan uji-t dapat dilihat dari thitung ≥ + t tabel, atau 3,59 > 2,000, dan dari perhitungan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikasi 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dan SPSS 16.0 dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada aspek keterlibatan dalam pembelajaran, materi struktur bumi di SD N 2 Sokaraja Tengah, serta terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi struktur bumi di SD N 2 Sokaraja Tengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M.Pi., M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: IPA, multimedia interaktif, minat belajar, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2017 05:04
Last Modified: 25 Jan 2017 05:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item