UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 1 BOTOMULYO

NUGRAHA, TRI ADI (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 1 BOTOMULYO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI ADI COVER.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI ADI BAB I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI ADI BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
TRI ADI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
TRI ADI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
TRI ADI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img]
Preview
Text
TRI ADI DAFTAR PSUTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
TRI ADI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi melalui pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Botomulyo dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa lakilaki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dengan prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik guru maupun siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada tiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,5 dengan presentase 62,5%, pada siklus II diperoleh nialai rata-rata 3,91 dengan presentase 97,92%. Untuk peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai ratarata 67,2 dengan prosentase ketuntasan belajar 48%, siklus I pertemuan II diperoleh nilai ratarata 77,6 dengan prosentase ketuntasan belajar 60%, sedangkan pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 83,6 dengan prosentase ketuntasan belajar 80%, dan pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 86,4 dengan ketuntasan belajar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Quantun Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Botomulyo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, S. Pd., M. Pd., dan Drs. Pamujo, M.M., M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar; Quantum Teaching;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 31 Oct 2017 01:47
Last Modified: 31 Oct 2017 01:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item