UPAYA MEN INGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA M ATERI MEMBACA MELALUI METODE SQ3R DI KELAS V SD N 1 TAMBAKSARI

PRASETYANI, MIA ROSIANA (2016) UPAYA MEN INGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA M ATERI MEMBACA MELALUI METODE SQ3R DI KELAS V SD N 1 TAMBAKSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (994kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budaya membaca belum menjadi bagian penting dalam masyarakat , khususnya di kalangan siswa sekolah . K urangnya minat baca dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang masih kurang optimal, banyak siswa mendapat nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), selain itu juga anak terlalu banyak menggunakan media elektronik contohn ya bermain P S dan menonton televis i. Hal ini disebabkan karena siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini be rtujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca cerita melalui penerapan metode SQ3R. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tambaksari yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus me liputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar diperoleh dari te s evaluasi. Be rdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siklus I diperoleh nilai rata -rata 67,60 dengan persentase ketuntasan bel ajar 52%, siklus II diperoleh rata -rata nilai 89,6 dengan persentase ketuntasan 88%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode pembelajar an SQ3R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca cerita kelas V SD Negeri 1 Tambaksari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd. dan Dr. Ana Andriani, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Pembelajaran SQ3R.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 01:10
Last Modified: 31 Oct 2017 01:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5061

Actions (login required)

View Item View Item