MISKONSEPSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEMESTER II DI SEKOLAH DASAR

ROSMALIA, LINDA PUTRI (2016) MISKONSEPSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEMESTER II DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang Miskonsepsi Pembelajaran Matematika Kelas IV Semester II di Sekolah Dasar bertujuan untuk menemukan miskonsepsi pada buku yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas, menemukan miskonsepsi saat pembelajaran dan penyebab terjadinya miskonsepsi saat pembelajaran matematika be rlangsung serta upaya guru dalam menangani miskonsepsi yang terjadi di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi ditujukan untuk menggali miskonsepsi pada guru dan pembelajaran serta upaya guru dalam menangani miskonsepsi yang terjadi di kelas, sedangkan metode kualitatif dengan teknik dokumentasi ditujukan untuk menemukan miskonsepsi pada buku. Objek penelitian ini adalah BSE “Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV” , karangan Burhan Mustaqim dan Ary Astuti. Subjeknya adalah seorang guru kelas IV SD di Kecamatan Kedungbanteng. Hasil penelitian menunjukkan terdapat miskonsepsi di beberapa materi pada buku teks yang digunakan guru. Miskonsepsi pada buku dibawa oleh guru ke dalam kelas saat pembelajaran berlangsung sehingga terjadi miskonsepsi saat pembelajaran. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi dalam penelitian ini adalah buku dan guru. Upaya guru dalam menangani miskonsepsi saat pembelajaran antara lain dengan m

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd. M.A.,
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Pembelajaran Matematika, Buku Teks, Kelas IV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 00:35
Last Modified: 31 Oct 2017 00:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item