UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPER TAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN STRATEGI VIDEO CRITIC PADA KELAS V SD NEGERI 3 TIPARKIDUL

PUTRI, KHALIDA ARFINA (2016) UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPER TAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN STRATEGI VIDEO CRITIC PADA KELAS V SD NEGERI 3 TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi Video Critic . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 3 Tiparkidul dengan jumlah siswa 23 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan alokasi waktu tiap pertemuan 2x35 menit. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dianalisis berupa data aktivitas guru dan aktivitas siswa, penelitian ini menggunakan lembar observasi sebagai alat ukurnya yang dilaksanakan pada setiap pertemuan dan skala sikap siswa yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Video Critic dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri 3 Tiparkidul tahu ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian skala sikap semangat kebangsaan diperoleh rata-rata skor pada siklus I sebesar 4,05 dan meningkat menjadi 4,24 pada siklus II. Berdasarkan penilaian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata -rata 68,69 dengan ketuntasan belajar 69,57% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan diperolehnya nilai rata -rata 81,3 dengan ketu ntasan belajar 82,6%. Dengan demjkian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Video Critic dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VB SD Negeri 3 Tiparkidul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Aji Heru Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Semangat kebangsaan, Prestasi Belajar IPS, Strategi Pembelajaran Video Critic
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 00:27
Last Modified: 31 Oct 2017 00:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item