PENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI,KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI, MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS IV SD NEGERI 2 SROWOT

SETIANINGSIH, KARTIKA DEWI (2016) PENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI,KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI, MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS IV SD NEGERI 2 SROWOT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II . Subjek p enelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Srowot, dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini meliputi meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar angket kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil tes induvidu, prestasi belajar siswa pada siklus ke-1 yaitu diperoleh nilai rata-rata 64,10 dengan ketuntasan belajar 53,57% dan pada siklus ke-2 nilai rata-rata naik menjadi 79,46 dengan ketuntasan belajar 85,71 % . Sedangkan pada hasil kedisiplinan siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus ke-1 yaitu 2,08 dan naik menjadi 2,5 pada siklus ke-2. Dari hasil kedisiplinan t ersebut terjadi peningkatan kedisiplinan peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi dan Komunikasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Srowot pada semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM, M.Pd dan Arifin Muslim, M,Pd
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan prestasi belajar IPS, Model JIGSAW II.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 00:11
Last Modified: 31 Oct 2017 00:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item