UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI SD NEGERI 01 TINGGARJAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

DAMAYANTI, GALUH SEKAR (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI SD NEGERI 01 TINGGARJAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB III_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_GALUH SEKAR DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan mendasarkan pada kondisi awal yaitu rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA yang masih rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Tinggarjaya Kabupaten Banyumas yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan kedua diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode demonstrasi mampu meningkatkan rasa ingin tahu siswa, pada siklus I skor rasa ingin tahu 45,06 dan meningkat pada siklus II menjadi 45,86. Hasil menunjukkan penggunaan metode demonstrasi mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi gaya, dilihat dari kenaikan prestasi dari siklus I sebesar 84,29 meningkat menjadi 94,64 di siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Tinggarjaya Kabupaten Banyumas materi gaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: sikap rasa ingin tahu, prestasi belajar IPA, metode demonstrasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:36
Last Modified: 30 Oct 2017 02:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item