PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

LESTARI, GALIH AYU (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text
BAB III_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_GALIH AYU LESTARI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir divergen siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan kemampuan bepikir divergen siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan didapat kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab. Bedasarkan hasil post test, kemampuan berpikir divergen siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 73,88 sedangkan kelas kontrol sebesar 48,59. Dalam penelitian ini uji hipotesis menggunakan independent sampel t test pihak kanan diperoleh nilai signifikansi kemampuan berpikir divergen sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh kurang dari nilai alfa yaitu 0,05 , oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir divergen siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan diskusi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Divergen, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional, Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:31
Last Modified: 30 Oct 2017 02:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item