PENINGKATAN SIKAP PEDULI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTION LEARNING DAN MEDIA VIDEO DI KELAS IV SDN 1 PELUMUTAN KECAMATAN KEMANGKON

HANDIYARNO, YANUAR DWI (2016) PENINGKATAN SIKAP PEDULI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTION LEARNING DAN MEDIA VIDEO DI KELAS IV SDN 1 PELUMUTAN KECAMATAN KEMANGKON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya strategi Action Learning dan media video dalam proses pembelajaran IPS materi mengenal permasalahan sosial diharapkan dapat men ingkatkan sikap peduli sosial dan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Pelumutan dengan jumlah 17 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan d alam 2 siklus. Langkah -langkah penelitian ini mengacu pada langkah -langkah Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, skala sikap dan lembar evaluasi. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata -rata 3,03 dan pada siklus II yaitu 3,35 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh ra ta-rata 3, 07 dan pada siklus II yaitu 3,96 dengan kriteria baik. Hasil skala sikap peduli sosial pada siklus 1 memperoleh rata -rata sebesar 3,93 dengan kriteria baik dan pada siklus II yaitu 4,02 dengan kriteri a baik . Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 73,52% dan pada siklus II yaitu 85,29% dengan kriteria optimal. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Action Learning dan media video dapat meningkatkan sikap peduli sosial dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN 1 Pelumutan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peduli Sosial, Prestasi Belajar IPS, Strategi Action Learning , Video
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Oct 2017 06:40
Last Modified: 28 Oct 2017 06:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5013

Actions (login required)

View Item View Item