PENINGKATAN SI KAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE GALLERY WALK DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH CIPETE

ANGGRAENI, IDA YEKTI (2016) PENINGKATAN SI KAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE GALLERY WALK DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH CIPETE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui metode gallery walk . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar skala sikap ta nggung jawab siswa, dan lembar tes evaluasi. Berdasarkan observasi aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran terdapat peningkatan nilai rata -rata aktivitas guru yaitu p ada siklus I 3,1 5 meningkat pada siklus II yaitu 3,73 dengan kriteria aktivitas gur u sangat baik, sehingga dapat membantu siswa mampu mengikuti materi pelajaran dengan baik. Lembar observasi aktivitas siswa yang juga mengamati sikap tanggung jawab siswa saat pembelajaran menunjukkan peningkatan nilai rata -rata aktivita s siswa dari siklu s I yaitu 2,48 dengan kriteria c ukup dan di siklus II yaitu 2,78 dengan kriteria baik. Hasil skala sikap tanggung jawab siswa menunjukkan nilai rata -rata sikap tanggung jawab siswa pada siklus I yaitu 2,50 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II yai tu 3,22 dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar siswa menunjukan perolehan persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 67,74% yang meningkat di siklus II yaitu 80,64%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode gallery walk pada p embelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan tranportasi terbukti berhasil meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Cipete.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, IPS , Ga llery Walk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Oct 2017 04:26
Last Modified: 28 Oct 2017 04:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item