PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA PUZZLE JARING - JARING BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPS) DI KELAS V SEKOLAH DASAR

CHOERON, IDA ALFIANA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA PUZZLE JARING - JARING BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPS) DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Media Pembelajaran sangat membantu siswa dalam menguasai konsep dan memahami materi pembelajaran khususnya dalam matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan ( Research and Development ). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi faktual penggunaan media di kelas V Sekolah Dasar khususnya materi jaring -jaring bangun ruang selain itu juga mengembangkan media puzzle jaring -jaring bangun ruang dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penilaian ahli mengenai kelayakan media puzzle jaring - jaring bangun ruang , mengetahui pengaruh media puzzle jaring -jaring bangun ruang terhadap prestasi belajar matematika, mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap media puzzle jaring -jaring bangun ruang . Tahapan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan media menurut Susilana dan Riyana (2011: 28). Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes. Tes yang diberikan berupa posttest sedangkan nontes berupa angket. Untuk mengetahui pengaruh media puzzle jaring -jaring bangun ruang terhadap prestasi belajar matematika dilakukan eksperimen pada skala terbatas yaitu di kelas V di salah satu SD UPK Sokaraja . Desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dengan melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle jaring -jaring bangun ruang dapat dan telah dikembangkan lebih efektif untuk pembelajaran matematika materi jaring - jaring bangu n ruang di sekolah dasar. Hal tersebut dapat dilihat dari rata - rat a hasil validasi ahli yaitu 4,37 yang menunjukkan bahwa media puzzle jaring -jaring bangun ruang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pe ngaruh media puzzle jaring -jaring bangun ruang terhadap prestasi belajar matematika materi jaring -jaring bangun ruang . Hasil lainnya adalah respon guru dan siswa sangat baik dibuktikan dengan rata -rata respon guru 4,889 dan respon siswa 3,8 1.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: matematika, media pembelajaran, materi jaring -jaring bangun ruang, puzzle .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Oct 2017 04:19
Last Modified: 28 Oct 2017 04:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5004

Actions (login required)

View Item View Item