ANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA OLEH GURU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

WIENDIARTI, AISAH (2016) ANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA OLEH GURU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan awal perlu diketahui guru sebelum materi diberikan kepada siswa. Namun upaya menggali kemampuan awal siswa dalam pembelajaran masih terlihat kurang. Kemampuan awal pada masing -masing sekolah berbeda -beda meskipun semua guru memiliki acuan yang sama. Bukan hanya dari masing - masing sekolah, pada masing -masing kelas didapati kemampuan awal yang beragam. Kemampuan awal siswa ini erat kaitannya dengan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Penelitian i ni bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal siswa oleh guru pada pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas IV sekolah dasar . Penelitian terfokus kepada kegiatan awal pembelajaran yang dilakukan guru dan menganalisis kemampuan awal siswa . Part isipan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengambilan data dilakukan dengan hasil tes kemampuan awal bangun ruang siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan observasi dan tanya jawab untuk menganalisi kemampuan awal siswa.Kemampuan awal digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan acuan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kendala yang umumnya dimiliki gu ru yaitu kemampuan awal yang dimiliki setiap siswa berbeda -beda. Dianalisis dari masing -masing sampel, siswa dengan kelompok prestasi atas pada dasarnya memiliki kemampuan awal siap pakai, siswa dengan kelompok prestasi sedang rata -rata memiliki kemampuan awal siap ulang, siswa dengan kelompok prestasi rendah memiliki kemampuan awal pengenalan harus diulang kembali karena rata - rata belum menguasai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Sony Irianto, M.Pd. dan Agung Nugroho, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Awal , Bangun Ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Oct 2017 04:01
Last Modified: 28 Oct 2017 04:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item