PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

CHASNANTO, DHIYAN (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DHIYAN CHASNANTO COVER.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DHIYAN CHASNANTO BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DHIYAN CHASNANTO BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
DHIYAN CHASNANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
DHIYAN CHASNANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
DHIYAN CHASNANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
DHIYAN CHASNANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
DHIYAN CHASNANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

pokok bahasan SPLDV berbasis Problem Solving yang valid, (2) untuk mengetahui respon guru terhadap Modul Matematika SMP kelas VIII pada pokok bahasan SPLDV berbasis Problem Solving dilihat dari validasi ahli, (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap modul Matematika SMP kelas VIII pada pokok bahasan SPLDV berbasis Problem Solving. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D) yaitu define, design, develop dan disseminate akan tetapi pengembangan perangkat dalam penelitian ini dimodifikasi hanya sampai pada tahap develop. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kevalidan modul matematika adalah 74,17% untuk validator matematika dan 78,75% untuk validator bahasa. Ini menunjukan bahwa modul sudah valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Jumlah penilaian respon guru adalah 45 yang berarti modul ini sangat membantu guru dalam kegiatan belajar. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa 80% lebih siswa menjawab pilihan a dan b, berarti siswa memberikan respon positif terhadap modul matematika pada pokok bahasan SPLDV berbasis model problem solving.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si, M.Si dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Modul, SPLDV, Problem Solving, dan Model Pengembangan 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:49
Last Modified: 27 Oct 2017 02:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4985

Actions (login required)

View Item View Item