PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VSD N 01 BERKOH

ISTIHAROH, YULIANA (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VSD N 01 BERKOH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YULIANA ISTIHAROH COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIANA ISTIHAROH BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIANA ISTIHAROH BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
YULIANA ISTIHAROH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
YULIANA ISTIHAROH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
YULIANA ISTIHAROH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
YULIANA ISTIHAROH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
YULIANA ISTIHAROH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar PKn pada materi contoh peraturan perundang-undangan siswa kelas V SD Negeri 1 Berkoh Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Berkoh yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan skor persentase partisipasi siswa65,36% dengan kriteria partisipasi baik dan prestasi ketuntasan belajar 71,43% dengan nilai rata-rata sebesar 74. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan skor partisipasi siswa sebesar 77,44% dengan kriteria sangat baik dan nilai prestasi persentase ketuntasan belajar sebesar 91,43% dengan nilai rata-rata 86,00. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran Teknik Brainstorming menggunakan media gambardapat meningktakan partisipasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD N 1 Berkoh pada materi contoh peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi,S.Pd M.Pd dan Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi Belajar, Brainstorming
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Oct 2017 00:53
Last Modified: 27 Oct 2017 00:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item