PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

DEWI, IIN MUTIA (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
BAB III_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB IV_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_IIN MUTIA DEWI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan sampel penelitian terdiri atas dua kelompok yaitu eksperimen (kelas X4) dan kontrol (kelas X3). Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata keterampilan proses sains pada kelompok eksperimen sebesar 79,64 dan pada kelompok kontrol sebesar 43,85. Hasil analisis deskriptif menunjukkaan bahwa dari 12 indikator keterampilan proses sains pada kelompok eksperimen memiliki presentase rata-rata lebih tinggi daripada kelompok kontrol dengan selisih presentase rata-rata pada indikator: A (mengamati) = 14,59%; B (menafsirkan pengamatan) = 15,83%; C (mengelompokkan) = 10,01%; D (menyimpulkan) = 16,25%; E (meramalkan) = 81,67%; F (berkomunikasi) = 10%; G (berhipotesis) = 18,13%; H (merencanakan percobaan) = 75%; I (menggunakan alat dan bahan) = 81,88%; J (menerapkan konsep) = 13,55%; K (mengajukan pertanyaan) = 10,22%; serta L (melakukan percobaan) = 82,30%. Hasil analisis statistik melalui Uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 (kegiatan pertama) dan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 (kegiatan kedua) pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd., M.Si., dan Oetami Dwi H., S.P., M.P.
Uncontrolled Keywords: Bioentrepreneurship, Keterampilan Proses Sains (KPS), Materi Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:19
Last Modified: 24 Jan 2017 06:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item