PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN AJARAN 2013 / 2014

SEPTIANA, ALIF (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Alif Septiana_JUDUL.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Alif Septiana_BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Alif Septiana_BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
Alif Septiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Alif Septiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
Alif Septiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
Alif Septiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
Alif Septiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Guided Discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA N 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian control group post-test desain. Sampel yang dijadikan penelitian ini adalah siswa kelas X MS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data aktivitas keterampilan proses sains dan data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen. Selain itu, penggunaan metode Guided Discovery juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata post-test sebesar 50,711, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional nilai rata-rata sebesar 43,733.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dini Siswani Mulia, S.Pi., M.Si. dan Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Penelitian Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains, Control Group Post-Test Desain, Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:25
Last Modified: 25 Oct 2017 03:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item