PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANAFI, BURHAN (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BURHAN ANAFI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_BURHAN ANAFI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_BURHAN ANAFI_PGSD'16.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
BAB III_BURHAN ANAFI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
BAB IV_BURHAN ANAFI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_BURHAN ANAFI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
BURHAN ANAFI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text
BURHAN ANAFI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Pemahaman konsep belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam materi kenampakan bumi dan benda langit masih rendah. Di lihat dari rendahnya nilai siswa, dalam pelajaran IPA. Rendahnya nilai siswa disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa ranah kognitif pada materi kenampakan bumi dan benda langit dengan menggunakan model belajar NHT. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan teman sejawat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus pada akhir pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedondong yang berjumlah 27 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa. Pemahaman konsep siswa pada siklus I mendapatkan ketuntasan 74,07% dan pada siklus II mendapatkan ketuntasan 92,59%. Siklus I dan II mengalami peningkatan dari 74,07% menjadi 92,59%. Dapat disimpulkan bahwa model belajar NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi IPA di kelas IV SD Negeri Kedondong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M.Pi. M.Pd dan Okto Wijayanti, S.Pd, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, IPA, Model Belajar Numbered Head Together.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QB Astronomy
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:24
Last Modified: 24 Jan 2017 04:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item