UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SUSUNAN BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MADUSARI 01

ARIFIN, RIAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SUSUNAN BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MADUSARI 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rian Arifin_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rian Arifin_BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rian Arifin_BAB II.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
Rian Arifin_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
Rian Arifin_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
Rian Arifin_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
Rian Arifin_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
Rian Arifin_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi susunan bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II di kelas V SD Negeri Madusari 01 berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 21 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data hasil penelitian rasa ingin tahu peserta didik menggunakan angket rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu peserta didik pada siklus I mencapai 73,26% dan Siklus II 85,13%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan evaluasi pada peserta didik pada siklus I terdapat 10 orang peserta didik nilainya belum memenuhi KKM dengan persentase ketuntasan 72,22% pada siklus II terdapat 4 orang peserta didik nilainya belum memenuhi KKM dengan persentase ketuntasan 88,89%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar peserta didik materi susunan bumi di kelas V SD Negeri Madusari 01.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:39
Last Modified: 25 Oct 2017 02:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item