UPAYA MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN REMAS DAUN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 2 TUNJUNG KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012

SUFAZEN, ALFELA ROBIATUL (2012) UPAYA MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN REMAS DAUN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 2 TUNJUNG KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Alfela Robiatul Sufazen_JUDUL.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Alfela Robiatul Sufazen_BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Alfela Robiatul Sufazen_BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
Alfela Robiatul Sufazen_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Alfela Robiatul Sufazen_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
Alfela Robiatul Sufazen_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
Alfela Robiatul Sufazen_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
Alfela Robiatul Sufazen_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelompok B di TK Pertiwi 2 Tunjung Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 12 siswa yang terdiri dari siswa 5 laki-laki dan 7 siswa perempuan. Proses penelitian ini dilakukan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan motorik halus anak, tingkat keberhasilan dalam kemampuan motorik halus anak dari studi awal yang mulai berkembang sebanyak 10 siswa (83%) dan 2 siswa (17%) berkembang sesuai harapan indikator. Kemudian setelah diadakan perbaikan pada siklus I, kemampuan motorik halus meningkat yaitu jumlah siswa yang mulai berkembang yaitu 6 siswa (50 %), berkembang sesuai harapan 4 siswa (33%), dan berkembang sangat baik melebihi indikator 2 siswa (17%). Kemudian pada siklus II peningkatan kemampuan motorik halus semakin meningkat, yaitu 2 siswa (17%) mulai berkembang, 7 siswa (58%) berkembang sesuai harapan dan 3 siswa (25%) Berkembang Sangat Baik. Dari hasil penelitian terdapat 2 siswa yang belum mampu menggunakan motorik halusnya dengan baik, untuk itu perlu adanya tindak lanjut dengan bimbingan khusus pada siswa tersebut. Bimbingan ini dapat dilakukan pada saat jam istirahat atau pun setelah pulang sekolah. Selain bimbingan di sekolah, bimbingan di rumah juga diperlukan dengan dilakukannya home visit dan pendekatan kepada orang tua agar mereka senantiasa memantau setiap perkembangan buah hatinya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M. dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Remas Daun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:57
Last Modified: 25 Oct 2017 01:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item