PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI KELAS V SD NEGERI MAJATENGAH

NUGROHO, ADI BAYU (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI KELAS V SD NEGERI MAJATENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Adi Bayu Nugroho_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Adi Bayu Nugroho_BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Adi Bayu Nugroho_BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
Adi Bayu Nugroho_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
Adi Bayu Nugroho_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Adi Bayu Nugroho_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
Adi Bayu Nugroho_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
Adi Bayu Nugroho_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa pada mapel IPA kelas V di SD Negeri Majatengah tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini diawali dengan mengadakan pree tes, kemudian perlakuan dan selanjutnya pos tes. Perlakuan dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk prestasi belajar yang disesuaikan dengan materi struktur bumi dan matahari, sedangkan untuk rasa ingin tahu siswa menggunakan angket dengan indikator sikap rasa ingin tahu. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Majatengah. Hal ini dinyatakan dengan dengan z tabel yaitu p < α yaitu 0,012 < 0,05 maka dapat berpengaruh. Kemudian untuk rasa ingin tahu siswa dengan z tabel p > α yaitu 0,694 > 0,05 maka dikatakan tidak berpengaruh. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penerapan model picture and picture untuk mapel IPA kelas V di SD Negeri Majatengah semester 2 tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Teknik Pengumpulan Data, Hasil Penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:48
Last Modified: 25 Oct 2017 01:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item View Item