MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO KELAS X 6 SMAN I ROWOKELE

KARTIKA, VICKY ANGGORO DARU (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO KELAS X 6 SMAN I ROWOKELE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_JUDUL.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
Vicky Anggoro Daru Kartika_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Geografi melalui strategi The Power Of Two kelas X 6 SMAN I Rowokele. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2x pertemuan. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X 6 SMAN I Rowokele yang ber jumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama kegiatan proses belajar mengajar yaitu dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan perolehan sebesar 62,06% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan sebesar 78,80%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata – rata posttest yang diperoleh siklus I sebesar 74,69% dan siklus II sebesar 82,34%. Sedangkan untuk ketuntasan kelas sebesar 65,63% dan siklus II sebesar 87,5%. Untuk aktivitas guru setiap siklusnya terjadi peningkatan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi The Power Of Two dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas X 6 SMAN I Rowokele mata pelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Drs. Sutomo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi the Power of Two, Aktivitas Belajar, Mata Pelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:36
Last Modified: 25 Oct 2017 01:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item