UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP MUHAMMADIYAH RAWALO

HERMAWAN, DEDE (2014) UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP MUHAMMADIYAH RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
Dede Hermawan_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dede Hermawan_BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
Dede Hermawan_BAB II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Dede Hermawan_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
Dede Hermawan_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
Dede Hermawan_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
Dede Hermawan_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[img] Text
Dede Hermawan_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah Rawalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya yaitu dengan cara mengorganiasikan data, dimana data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dirubah dalam bentuk tulisan. Setelah data tergambar dengan jelas, hasil penelitian tersebut disamakan dengan landasan teoritis , apakah terdapat kesamaan atau tidak diantara hasil penelitian dengan landasan teoritis. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PKn dan siswa SMP Muhammadiyah Rawalo. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa upaya guru PKn dalam meningkatkan minat belajar dengan mengadakan apersepsi diawal pembelajaran, yaitu sebelum pembelajaran dimulai untuk menyajikan bahan pengajaran baru, guru diharapkan dapat menghubungkan lebih dahulu bahan pelajaran sebelumnya yang menurut guru telah dikuasai oleh siswa. Apersepsi ini dapat disajikan melalui pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa masih ingat atau lupa, sudah dikuasai atau belum, hasilnya untuk menjadi titik tolak dalam memulai pengajaran yang baru. Selain itu juga dengan metode pembelajaran yang bervariasi, guru PKn di SMP Muhammadiyah Rawalo menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, serta dengan pembelajaran kontekstual dimana konsep belajar itu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata. Kemudian guru PKn di SMP Muhammadiyah Rawalo juga menggunakan media pembelajaran, seperti komputer atau leptop dengan program powerpoint yang dihubungkan dengan LCD.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Banani Ma'mur, M.Si. dan Eko Priyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Siswa, Upaya Guru, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:07
Last Modified: 25 Oct 2017 01:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item