PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 SAMBIRATA

PRATIWI, DWI ARIANINGRUM (2016) PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 SAMBIRATA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi di sekolah dasar yang masih ditakuti, dianggap sulit serta membosankan oleh para siswa sekolah dasar. Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan alat peraga blok pecahan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar siswa pada materi pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherdengan alat peraga blok pecahan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 1 Sambirata dengan jumlah 46 siswa yang terdiri dari 26 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian sikap disiplin siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata mencapai 3,14, pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,37. Sedangkan pada prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,2 dengan ketuntasan belajar 73,91%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,8 dengan ketuntasan belajar 89,13%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar matematika siswa kelas IVB SD Negeri 1 Sambirata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Disiplin, Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Alat Peraga Blok Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 24 Oct 2017 07:27
Last Modified: 24 Oct 2017 07:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item