DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

ALFIRDAUS, CHULAFA (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori berdasarkan gaya belajarnya, yaitu siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Siswa dengan gaya belajar visual mampu menguasai keenam indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu menyatakan ulang suatu konsep, mengklasifikasikan, memberi contoh dan bukan contoh, menyajikan dalam bentuk representasi matematis, menerapkan konsep secara logis, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep. Siswa dengan gaya belajar auditori menguasai lima indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu mengklasifikasikan, memberi contoh dan bukan contoh, menyajikan dalam bentuk representasi matematis, menerapkan konsep secara logis, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menguasai empat indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu mengklasifikasikan, memberi contoh dan bukan contoh, menyajikan dalam bentuk representasi, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematis, gaya belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:53
Last Modified: 24 Oct 2017 06:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4922

Actions (login required)

View Item View Item