PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DELIKAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LESMANA

PRADANI,, ANGGRAENI KRISNA (2016) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DELIKAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi. Seorang guru Sekolah Dasar yang akan mengajarkan matematika kepada siswanya hendaklah mengetahui dan memahami objek yang akan diajarkan. Hal ini penting sebab masih banyak hasil-hasil prestasi belajar dalam proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar yang masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Melihat kondisi tersebut, perlu diadakannya penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 3 Lesmana untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan melalui model pembelajaran Delikan. Dalam penelitian ini, jumlah siswa keseluruhan kelas V SD Negeri 3 Lesmana yaitu 29 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas yang akan dilaksanakan yaitu melalui 2 siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pelaksanaan dari setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari lembar evaluasi belajar siswa, lembar angket kerja keras siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar hasil wawancara siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 3 Lesmana melalui model pembelajaran Delikan dapat meningkatkan kerja keras siswa dan prestasi belajar siswa. Peningkatan kerja keras siswa ini dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I yaitu 2,88 dengan kriteria baik dan perolehan skor rata-rata pada siklus II yaitu 3,32 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 76,55 dengan persentase 68,97% dan perolehan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 88,28 dengan persentase 89,66%. Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan di kelas V SD Negeri 3 Lesamana, dapat disimpulkan bahwa kerja keras dan prestasi belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan dapat meningkat melalui model pembelajaran Delikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Kerja Keras, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Delikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:13
Last Modified: 24 Oct 2017 06:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item