PENGARUH METODE BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATERI BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs.N 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

ISTIANA, TATIK (2012) PENGARUH METODE BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATERI BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs.N 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TATIK ISTIANA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TATIK ISTIANA BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TATIK ISTIANA BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
TATIK ISTIANA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
TATIK ISTIANA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
TATIK ISTIANA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
TATIK ISTIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
TATIK ISTIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Metode Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar materi biologi siswa kelas VII MTs.N 1 Banjarnegara, telah dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs.N 1 Banjarnegara pada materi Ciri-ciri dan Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Data hasil penelitian berupa aktifitas belajar siswa meliputi partisipasi kontributif dan inisiatif siswa selama proses pembelajaran. Data prestasi siswa dianalisis menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas dan dilanjutkan dengan uji t. Data hasil pengamatan partisipasi kontributif dan inisiatif dianalisis secara Deskriptif Kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil t hit = 3,332 > t tab = 1,670, yang berarti prestasi belajar menggunakan model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional (ceramah). Nilai pos-test kelas eksperimen (73,66) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (66,97). Nilai pos-test kelas eksperimen dan kelas kontrol telah mencapai standar ketuntasan belajar ( > 6,5). Berdasarkan hasil pengamatan partisipasi kontributif menunjukkan siswa yang menyampaikan pertanyaan meningkat dari 45% ( pertemuan I) menjadi 62,5% ( pertemuan II) , dalam menyampaikan pendapat meningkat dari 47,5% menjadi 67,5%, dan menyampaikan sanggahan meningkat dari 40% menjadi 60%. Sedangkan partisipasi inisiatif dalam mengerjakan soal meningkat dari 42,5% menjadi 72,5%. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran menggunakan model PQ4R berpengaruh positif terhadap aktifitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Teguh Julianto, S.Pd., M.Si dan Drs. Heri Maryanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa; Hakekat Metode Belajar PQ4R
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:56
Last Modified: 23 Oct 2017 03:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item