UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN COLENG (COOPERATIVE LEARNING) TIPE STAD (Student Team Achievement Division) KELAS XB SMA NEGERI I KEJOBONG

YULIANA, - (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN COLENG (COOPERATIVE LEARNING) TIPE STAD (Student Team Achievement Division) KELAS XB SMA NEGERI I KEJOBONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YULIANA_GEOGRAFI'12.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YULIANA_GEOGRAFI'12-2.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YULIANA_GEOGRAFI'12-2.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YULIANA_GEOGRAFI'12-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV_YULIANA_GEOGRAFI'12-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB V_YULIANA_GEOGRAFI'12-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YULIANA_GEOGRAFI'12-7.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XB SMA Negeri 1 Kejobong melalui penerapan coleng (Cooperative Learning) tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XB SMA Negeri 1 Kejobong yang terdiri dari 22 siswa dengan 6 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan kegiatan setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa dengan menggunakan soal kuis yang diberikan setiap pertemuan pada setiap siklusnya. Selain itu, juga menggunakan lembar penilaian observasi guru dan siswa untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,2 dengan persentase 65,91% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,16 dengan persentase 86,36%. Sedangkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan kearah yang lebih positif dan lebih baik. Dengan demikian pembelajaran melalui penerapan coleng (Cooperative Learning) tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran geografi di kelas XB SMA Negeri 1 Kejobong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si., dan Suwarsito, S.Pi. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:03
Last Modified: 23 Oct 2017 02:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

View Item View Item