STUDI KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU AKIDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ZAM-ZAM CILONGOK TAHUN AJARAN 2016/2017

CAHYANINGRUM, FERLIANI (2017) STUDI KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU AKIDAH DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ZAM-ZAM CILONGOK TAHUN AJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB I.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB II.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
FERLIANI CAHYANINGRUM DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
FERLIANI CAHYANINGRUM LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji korelasi kompetensi pedagogis guru akidah dengan prestasi belajar yang dilakukan di Kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zam-zam Cilongok Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi pedagogis guru akidah dengan prestasi belajar dan untuk mengetahui besarnya sumbangan kompetensi pedagogis guru akidah terhadap prestasi belajar di Kelas X SMA MBS Zam-zam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Proses penelitian bersifat deduktif. Strategi yang digunakan adalah strategi penelitian survei untuk memaparkan secara kuantitatif opini dari populasi tertentu dengan meneliti sampel dari populasi tersebut yang menggunakan studi cross-sectional dengan kuesioner. Populasi penelitian adalah santri kelas X SMA MBS Zam-zam sebanyak 55 santri yang terdiri dari 27 santri kelas XA dan 28 santri kelas XB. Sampel yang diambil adalah 20 santri dari kelas XA dan 20 santri kelas XB. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan korelasi Pearson Product Moment menggunakan aplikasi SPSS ver 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara kompetensi pedagogis guru akidah dan prestasi belajar di SMA MBS Zamzam. Hal ini diketahui karena hasil perhitungan tidak memenuhi prasyarat r hitung yang harus lebih dari r tabel (rxy > rt) dan p value harus kurang dari alfa (p value < α). Hasil perhitungan tersebut yaitu r hitung (rxy) kurang dari r tabel(rt) yaitu 0,403 > 0,125 < 0,312 (rt1% > rxy < rt5%), serta p valuelebih dari α (0,443 > 0,05). Korelasi antara kedua variabel tidak signifikan tetapi arah korelasinya positif yang berarti kedua variabel berjalan searah atau sinkron. Sumbangan variable X (kompetensi pedagogis) terhadap variable Y (prestasi belajar) sebesar 1,9 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Darodjat, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogis, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:54
Last Modified: 23 Oct 2017 01:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item