PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI TEKNIK QUIZ TEAM DI KELAS V MIM PASIRMUNCANG

RUSTININGSIH, ROSIYANA (2016) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI TEKNIK QUIZ TEAM DI KELAS V MIM PASIRMUNCANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
BAB IV_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ROSIYANA RUSTININGSIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar materi peristiwa sekitar proklamasi melalui teknik Quiz Team. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIM Pasirmuncang yang berjumlah 15 siswa. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunaka tes/evaluasi, skala sikap, lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan teknik Quiz Team dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi. Hal tersebut dapat dibuktikan untuk tanggung jawab ditandai dengan meningkatnya nilai skala sikap tanggung jawab dari siklus I ke siklus II. Siklus I dengan jumlah skor 763 dan rata-rata 3,39 dengan kriteria tanggung jawab cukup dan siklus II meningkat dengan jumlah skor 971 dan rata-rata 4,31 dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Prestasi belajar dibuktikan dengan naiknya rata-rata dan persentase ketuntasan tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 69,16 dan ketuntasan klasikal 63,33% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 87,33 dan ketuntasan klasikal 90%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.. Sri Harmianto, M. Pd., dan Okto Wijayanti, S. Pd, M.A.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Tanggung jawab, teknik Quiz Team
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:45
Last Modified: 23 Oct 2017 01:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4865

Actions (login required)

View Item View Item