UPAYA MENINGKATKAN AFEKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) DI KELAS V SD N 3 TAMBAKSOGRA

SOLIAH, LELI (2016) UPAYA MENINGKATKAN AFEKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) DI KELAS V SD N 3 TAMBAKSOGRA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB IV_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_LELI SOLIAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi pecahan dalam perbandingan dan skala melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N 3 Tambaksogra dengan jumlah 27 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 3 jam pelajaran atau 105 menit. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi peserta didik. Untuk mendapatkan nilai hasil belajar ranah afektif diperoleh dari pengamatan guru saat pembelajaran didalam kelas. Pada data hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari hasil lembar kerja peserta didik yang dilaksanakan pada akhir siklus. Pada Hasil belajar ranah afektif pada siklus I mendapatkan persentase 41,9% dan pada siklus II 88,4 %. Prestasi belajar mendapatkan prosentase belajar 56% dan siklus II meningkat menjadi 89,6%. Pada peningkatan persentase setiap siklus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V di SD N 3 Tambaksogra.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Afektif, Prestasi Belajar, Matematika, Pecahan, Kooperatif tipe TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:19
Last Modified: 23 Oct 2017 01:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item