HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

AMONI,, TWI (2016) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Siswa yang memiliki self-efficacy tinggi cenderung menyukai tugas-tugas yang lebih sulit dan memiliki motivasi tinggi untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan, sehingga mereka akan meningkatkan kualitas dan kuantitas belajar dengan belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu mengukur self-efficacy , motivasi belajar, dan kemandirian belajar menggunakan metode survey yang telah dilaksanakan di SD N 5 Cihonje pada April 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa kelas IV, V, dan VI SD N 5 Cihonje rata- rata memiliki self-efficacy , motivasi belajar, dan kemandirian belajar yang masuk dalam kategori tinggi. Self-efficacy dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan po sitif signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai koefisien korelasi masing-masing sebesar 0.804 dan 0.808, yang tergolong dalam korelasi kuat. Setiap peningkatan self-efficacy siswa diikuti dengan peningkatan kemandirian belajarnya dan setiap peningkatan motivasi belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan kemandirian belajar. Self-efficacy dan motivasi belajar secara simultan memiliki korelasi positif signifikan terhadap kemadirian belajar. Koefisien korelasi ketiga variabel tersebut yaitu 0.847, tergolong pada kategori kuat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo M.M M.Pd., dan Okto Wijayanti S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Oct 2017 04:35
Last Modified: 21 Oct 2017 04:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item View Item