DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 9 PURWOKERTO DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

ROMADHONI,, SUCI (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 9 PURWOKERTO DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 9 Purwokerto ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti mempertimbangkan kelas yang akan dipilih berdasarkan pertimbangan dari guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan angket untuk mengukur tingkatan Adversity Quotient siswa. Peneliti memerikas keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisa data yang digunakan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa AQ tinggi (Climbers) dapat memberikan argumen pada setiap pernyataan pada soal dengan tepat, siswa juga mampu untuk menganalisis secara rinci sehingga saat siswa menilai dan mengevaluasi mereka mampu untuk melakukan secara rinci, sehingga dapat dikatakan siswa memiliki kemampuan berpikir kritis matematis baik. Siswa dengan tingkat AQ sedang ( Campers) cenderung tidak mengalami kesulitan untuk memberikan argumennya dengan tepat, mereka mampu untuk menganalisis namun hanya secara garis besar sehingga saat menilai dan mengevaluasi siswa hanya secara garis besar, dapat dikatakan siswa AQ sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis cukup baik . Sedangkan siswa AQ rendah ( Quitters) mampu untuk berargumen namun belum secara tepat, saat menganalisis mereka hanya secara garis besar dan cenderung mengalami kesulitan sehingga mereka juga mengalami kesulitan saat menilai dan mengevaluasi argumensehinggaharusdibantuolehpeneliti, dapat dikatakan siswa AQ rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis kurang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H. Akhmad Jazuli, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Adversity Qoutient
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Oct 2017 03:59
Last Modified: 21 Oct 2017 03:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4837

Actions (login required)

View Item View Item