KOMALADEWI,, ADE NOPITA (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA CERITA BERGAMBAR MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (802kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan suatu perangkat yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai guru yang baik dan profesional harus terampil dalam mengembangkan sebuah bahan ajar menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kondisi awal bahan ajar materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit 2) Mengetahui pengembangan bahan ajar cerita bergambar materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit 3) Mengetahui penilaian pakar terhadap cerita bergambar materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit 4) Mengetahui prestasi belajar siswa pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit dengan bahan ajar berupa cerita bergambar 5) Mengetahui respon guru terhadap cerita bergambar materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit 6) Mengetahui respon siswa terhadap cerita bergambar materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang direkomendasikan oleh Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik test dan non test. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pernasidi dan SD Negeri 3 Pernasidi, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Bahan ajar yang digunakan belum menarik dan belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Ppengembangan bahan ajar menjadi cerita bergambar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penilaian pakar terhadap cerita bergambar adalah 4,15 yang memiliki kriteria valid. Cerita bergambar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai Z= -19,58. Respon guru terhadap cerita bergambar memiliki nilai 4,46 dengan kategori sangat valid. Respon siswa terhadap cerita bergambar memiliki nilai 4,27 dengan kategori sangat valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Lia Mareza, MA., |
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, cerita bergambar, dan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 02:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 02:21 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |