PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERISISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA DAN PROVINSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD NEGERI 1 PANGRASAN

YULIA, ITA (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERISISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA DAN PROVINSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD NEGERI 1 PANGRASAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ITA YULIA COVER.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ITA YULIA BAB I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ITA YULIA BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ITA YULIA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
ITA YULIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
ITA YULIA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
ITA YULIA DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
ITA YULIA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan partisipasi siswa mata pelajaran PKn materi stuktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi melalui pembelajaran kooperatiftipe NHT. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangrasan dengan jumlah siswa 44. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, 1 pertemuanterdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi partisipasi siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan lembar evaluasi pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,11dengan ketuntasan 68,18% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 81,82 dengan ketuntasan 88,64%. Hasil pengamatan partisipasi siswa diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 66,29,% dansiklus II sebesar 81,35% Sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 69,75% dansiklussebesar 88%.Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar dan partisipasi siswa mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 1 Pangrasan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammmad Afandi, S.Pd, M.Pd dan Drs. Pamujo, MM, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi belajar, NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:45
Last Modified: 20 Oct 2017 06:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item