UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI SAMBENG WETAN

FAMULASIH, DWI (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI SAMBENG WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI FAMULASIH COVER.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI FAMULASIH BAB I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI FAMULASIH BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
DWI FAMULASIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
DWI FAMULASIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
DWI FAMULASIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
DWI FAMULASIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa materi gaya melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sambeng Wetan dengan jumlah siswa 23. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar. Hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 42,85 dengan kriteria motivasi sedang dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 53,08 dengan kriteria motivasi tinggi. sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I mendapatkan ketuntasan belajar sebesar 65,21% dan pada siklus II mendapatkan ketuntasan belajar 91,30%, dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan motivassi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sambeng Wetan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S. Pi. M. Pi dan Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, TPS, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 20 Oct 2017 05:35
Last Modified: 20 Oct 2017 05:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item