UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP N 1 CIMANGGU KELAS VIII G MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE

WARDHANA, TRI SETYADI UTAMA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP N 1 CIMANGGU KELAS VIII G MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16-2.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB IV_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB V_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16-2.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TRI SETYADI UTAMA WARDHANA_MATEMATIKA'16-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa melalui Problem Based Learning dengan strategi Think Talk Write. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Cimanggu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus. Tahapan dalam setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur data kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus dan untuk memperoleh data hasil rasa percaya diri siswa menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematissiswa pada siklus I diperoleh 73,84; siklus II meningkat menjadi 75,15;dan pada siklus III meningkat menjadi 78,68; selain kemampuan komunikasi matematis, rasa percaya diri siswa juga meningkat yaitu siklus I rasa percaya diri siswa memperoleh presentase 73,37%; siklus II meningkat menjadi 75,45%; dan siklus III meningkat menjadi 78,68%. Berdasarkan data-data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Cimanggu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si., dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Rasa Percaya Diri Siswa, Problem Based Learning, Strategi Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2017 01:37
Last Modified: 20 Oct 2017 01:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item