PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA FLASH PADA KD TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA Ya BAKII 1 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

SUKRINIAM, - (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA FLASH PADA KD TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA Ya BAKII 1 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB IV_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB V_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-7.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUKRINIAM_PASCASARJANA'17-8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Bahan ajar adalah seperangkat materi pembelajaran yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya berisi tentang pengetahuan, nilai, sikap, tindakan dan ketrampilan yang berisi pesan, informasi dan ilustrasi berupa fakta, konsep, prisip, dan proses yang terkait dengan pokok bahasa tertentu yang di arahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa. Sebagai mata pelajaran yang wajib dan penting yang disampaikan dalam pembelajaran baik ditingkat dasar sampai perguruan tinggi, maka proses pembelajaran bahasa Indonesia harus berjalan dengan baik dan menyenangkan salah satunya dengan memilih bahan ajar yang tepat dan tepat. Seiring dengan perkembangan teknologi informatika, guru memanfaatkan untuk mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan, seefektif dan seefesien mungkin dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis multimedia dengan menggunakan program macromedia flash pada mata pelajaran bahasa Indonesia , kd teks laporan hasil observasi untuk mengetahui dampak prestasi belajar, yang dikemas dalam bentuk multimedia interaktif berbasis multimedia flash. Jenis penelitian yang peneliti pakai yaitu penelitian pengembangan atau yang kita kenal dengan istilah lain Research and Development (R&D) dengan tahapan penelitian sebagai berikut: 1. analisis, meliputi menganalisis kurikulum, siswa dan materi pembelajaran. 2. desai, meliputi perencanaan dan penyusunan garis besar materi ajar. 3. development, pengembangan bahan ajara dalam bentuk multimedia dengan menggunaka program macromedia flash dan validasi ahli terhadap bahan ajar. 4. implementasi, yaitu uji coba terhadap bahan ajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan, 5. Evaluasi yaitu mengevaluasi pelaksanaan penggunaan bahan ajar interaktif berbasis multimedia flash dengan ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil pengembangan bahan ajar interaktif berbasis multimedia flash pada kd teks laporan hasil observasi hasil kriteria valid dengan presentasi hasil uji coba ahli materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar interaktif berbasis multimedia flash, bahasa Indonesia, kelas X SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2017 01:32
Last Modified: 20 Oct 2017 01:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item View Item