PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA ICT TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ABDULLAH, LILIANA JUSNITA (2016) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA ICT TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf

Download (970kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB IV_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
BAB V_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_LILIANA JUSNITA ABDULLAH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mata pelajaran PKn berperan penting dalam pendidikan. Diharapkan mata pelajaran PKn menjadi mata pelajaran yang disenangi siswa. Kurangnya mutu pendidikan mata pelajaran PKn di SD N 1 Toyareka disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu masih diterapkannya model pembelajaran konvensional, sehingga siswa kurang terlibat aktif dan interaktif dalam pembelajaran, selain itu penggunaan model dan media pembelajaran masih kurang maksimal. Pembelajaran harus mengalami inovasi, yaitu dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menggunakan media pembelajaran ICT.Diharapkan, penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menggunakan media ICT berpengaruh lebih baik terhadap sikap tanggung jawab dan prestasi belajar PKn materi globalisasi pada kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menggunakan media ICT terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas IV di Sekolah Dasar. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menggunakan media ICT terhadap prestasi belajar Pkn siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian yaitu hanya posttes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan random subyek. Penelitian ini menggunakan siswa kelas IV sebagai sampel, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data untuk prestasi belajar siswa yaitu berupa soal evaluasi, dan untuk mengukur sikap tanggung jawab berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji u dua sampel independen. Hasil penelitian pada sikap tanggung jawab menunjukkan Uhitung<Utabel atau 0,0192 0,0250; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi model kooperatif tipe Team Games Tournamen (TGT) berpengaruh lebih baik terhadap sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn. Hasil pada prestasi belajar menunjukkan Uhitung<Utabel , atau 0,0071<0,0250; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi model kooperatif tipe Team Games Tournamen (TGT) berpengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Dr. Ana Andriani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, PKn dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2017 00:54
Last Modified: 20 Oct 2017 00:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4789

Actions (login required)

View Item View Item