UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BOJONG

PURBOSINGGIH, DIDIT ISRO (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BOJONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB IV_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DIDIT ISRO PURBOSINGGIH_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

psikomotor. Hasil belajar siswa aspek kognitif di SD Negeri 3 Bojong terlihat masih belum optimal, hal ini dibuktikan dengan hasil ulangan harian menunjukkan bahwa hanya ada 12 siswa dari 20 siswa yang mencapai batas KKM yaitu 65. Hasil belajar aspek afektif terlihat bahwa siswa kurang menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, misalnya siswa masih membuang sampah tidak pada tempatnya dan merusak tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Hasil belajar aspek psikomotor, siswa terlihat kurang terampil dalam menyelesaikan materi matematika, misalnya kurang terampil dalam menggunakan alat peraga IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruh terhadap daratan melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Berdasarkan hasil penilaian aspek kognitif siklus I diperoleh rata-rata nilai 7,3 dengan ketuntasan 73% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 8,6 dengan ketuntasan 86,5%, sehingga persentase peningkatan ketuntasan belajar yang diperoleh dari sikus I ke siklus II sebanyak 13,5%. Hasil belajar aspek afektif diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 3,08 dan siklus II sebesar 3,51 sehingga diperoleh nilai rata-rata peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,43. Hasil belajar aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 2,89 dan siklus II sebesar 3,32 sehingga diperoleh nilai rata-rata peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,43. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Bojong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2017 00:42
Last Modified: 20 Oct 2017 00:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item