ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CILONGOK TAHUN AJARAN 2014/2015

PAMUNGKAS, GALIH WIDYA (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CILONGOK TAHUN AJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB III_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB IV_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_GALIH WIDYA PAMUNGKAS _MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX A pada materi peluang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Cilongok tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini diambil satu sampel kelas dari keseluruhan kelas yang ada. Dalam pengambilan sampel siswa, teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata kemampuan penalaran sebesar 68,34 pencapaian tertinggi yaitu indikator kemampuan mengajukan dugaan sebesar 83,30% dan yang terendah indikator kemampuan melakukan manipulasi matematika sebesar 48%. Indikator kemampuan yang paling dikuasai siswa adalah indikator kemampuan mengajukan dugaan dan paling kurang dikuasai adalah indikator kemampuan melakukan manipulasi matematika. Siswa dengan kemampuan rendah kurang mampu melakukan penalaran matematis yang meliputi penalaran induktif dan penalaran deduktif, siswa kemampuan sedang mampu melakukan penalaran matematis tetapi masih kurang teliti, pada materi tertentu kurang dapat memahami soal dengan baik. Untuk siswa kemampuan tinggi mampu melakukan penalaran matematis, baik yang meliputi penalaran induktif dan penalaran deduktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, penalaran induktif, penalaran deduktif, peluang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Jan 2017 02:29
Last Modified: 20 Jan 2017 02:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item