PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK SEMITERPIMPIN PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WULANDARI, MARATIKA ARUM (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK SEMITERPIMPIN PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Maratika Arum Wulandari_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maratika Arum Wulandari_BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maratika Arum Wulandari_BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
Maratika Arum Wulandari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Maratika Arum Wulandari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
Maratika Arum Wulandari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
Maratika Arum Wulandari_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
Maratika Arum Wulandari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Peningkatan kemampuan menulis pengalaman pribadi melalui teknik semiterpimpin pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Rembang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016 merupakan kegiatan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Latar belakang perbaikan pembelajaran adalah hasil belajar siswa rendah yang terlihat dari rendahnya kemampuan siswa dalam menulis, dari 21 siswa hanya 7 anak (33,33%) yang tuntas. Tujuan penelitian secara umum untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia dan meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran di Kelas VII A SMP Negeri 2 Rembang. Tujuan khusus untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi melalui teknik semiterpimpin. Penelitian dilaksanakan di Kelas VII A SMP Negeri 2 Rembangpada materi menulis pengalaman pribadi dengan teknik semiterpimpin yaitu teknik pembelajaran yang disertai bimbingan dari guru dan disediakannya panduan agar siswa lebih efektif dan mudah dalam menuangkan pengalaman atau idenya dalam bentuk tulisan. Hasil belajar yang rendah disebabkan guru belum melakukan pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Evaluasi dan unjuk kerja dilaksanakan pada pertemuan kedua setiap siklusnya. Pada studi awal, terdapat 7 Siswa (33,33%) yang tuntas belajar dari 21 Siswa dengan nilai rata-rata kelas 56,19 dan yang belum tuntas masih 14 Siswa (66,67%). Pada Siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa (47,61%) tuntas belajar, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 siswa (52,39%) dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 63,81. Pada Siklus II terdapat 19 siswa (90,47%) yang sudah menunjukkan keberhasilannya sedangkan yang tidak tuntas ada 2 siswa (9,53%), sedangkan nilai rata-rata kelas telah mencapai 76,43 dan melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (nilai rata-rata kelas ≥65). Maka upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi melalui teknik Semiterpimpin mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rembang, Kab. Purbalingga Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fathonah, M.Hum. dan Akhmad Fauzan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teknik Semiterpimpin, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:21
Last Modified: 18 Oct 2017 01:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item